Maaf, Aku tak Setia !

Hmm...April ternyata sudah jauh berpulang, tanpa pamit dan sekedar berbasa-basi lagi. Terlalu lamakah aku menggulung pikiran dipojokan ruang tunggu berukuran 7 x 8 Meter itu? dan disana alam pikiran makin asik berkudeta, riuhnya sampai masuk pelataran rumah. Ya sudah; aku ingin bermonolog saja !

..........Aku meninggalkan sudut bertitel "Ruang Tunggu" itu dengan seribu tanya besar, tak sempat aku melihat bilboard diatas pintunya, sekedar mengingat dan mengharamkan aku kembali lagi kesana. Namun kejadian 25 menit yang lalu itu membuat salah satu kantor di pertengahan lantai itu serentak mencibirku, padahal kita masih dari golongan yang sama, para kaum berkumis.
..........Aku menjauhi ruangan itu, sebuah potret buruk sisi keberhasilan ahli debat dan tata ukur ibukota telah kutaklukan, tak sia-sia minggu lalu terlibat dengan Gerakan Indonesia Sehat 2009. Mengkampanyekan Perda DKI Jakarta No. 75 Thn 2005 (larangan merokok) dan Perda DKI Jakarta No. 02 Thn 2006 ( Pengendalian Pencemaran Udara), tapi sesaat setelah itu, lima meteran menjauhi ruangan itu, kulihat samar-samar diatas pintunya bertuliskan, "ruangan khusus perokok".

..........Mulanya sih aku duduk di sisi sebelah barat, bisa kucium arak mengarak para gerilyawan ibukota (baca: kondektur) di mulut-mulut ujung terminal Blok M itu, didepannya berdiri hotel ambhara, aku ingat, jum'at pekan kemarin itu aku pernah terjebak disana. Suasana Masjidnya seolah kita sedang mengudara di terowongan bawah tanah di kota tokyo. *ini salah satu efek kebanyakan nonton animasi jepang*
..........15 menit berlalu, suasana makin menyengat isi otakku, aku mencari dimana tombol alarm kebakaran, dimana kuletakan nomor-nomor penting semacam ambulan atau polisi, dimana otak orang-orang ini tertinggal. Dimana...dimana aku bisa bertanya?

...........Dan 10 Menitan sisa waktuku disana kemudian kuhabiskan untuk berceramah, menceramahi mereka-mereka itu, serasa diposisi benar sendiri, kutunjuki wajahnya satu-persatu. Kubuka pasal demi pasal, fatwa demi fatwa, halaman demi halaman, dan bait demi bait. Isi paragraf terakhir yang kukatakan "Kalian tau merokok itu merusak kesehatan, membakar uang, tidak produktif, amatir, masih saja dilakukan!" begitu kataku. mereka terdiam, seolah insyaf dengan kata2 itu. Akh...serasa habis bertempur di medan perang saja, kukibaskan lengan bajuku, hatipun berteriak, "I win U Lose !"
...........Sejak kejadian itu, aku lebih berhati-hati dalam bersikap, sedikit skeptis. Tak bersua bila tak sedikitpun punya kepentingan. Tapi tak bertahan lama, lantaran sikap sosialisku sudah saking mengakarnya. Cepat akrab dengan siapapun meski baru kenal 15-20 menitan, hampir semua kalangan. jadi bila kita sudah bercengkrama, obrolan itu bisa mengakar terus, pasal demi pasal. Terakhir, saya meledek bang Yos yang tak bisa mengambil bola golfnya dilubang ke 13 sewaktu kita bermain bareng di area kidzania, *yang ini lelucon, jangan ditelan mentah-mentah*.

...........Tapi tetap saja, sisa-sisa sifat kemarin-kemarin itu masih tertinggal barang sedikit. Misalnya obrolan yang ini, kejadian di buskota jurusan gajah mada-kota.
Ibu : " Mas, kalau rute ini lewat Pasar Senen gak yach!" membuka pembicaraan dengan tidak berkata hallo, atau spada, ada orang?, permisi, atau assalamu'alaikum, dsb.Tapi langsung bertanya, beruntung sekali ibu ini, bertanya pada orang yang tepat, sahutku waktu itu dalam hati. Karena sayapun sedang ingin membuka percakapan, mengetes sisa-sisa "rasa bersalah" kemarin.
Anak Muda : "Memangnya kenapa bu, Ibu mau belanja kesana?" Sambil asik memainkan musikplayer tanpa menoleh sedikipun.
Ibu : " Enggak mau tanya aja, soalnya saya baru sekali naik rute ini, barangkali kalau saya dari Pasar Baru bisa nerusin trayek ini kalau mau Pasar Senen".
Anak Muda : " Emang bisa sih bu, tapi seharusnya ibu kesananya kemarinan,". Menggantungkan percakapan dengan sedikit berdehem menahan tawa, berfikir reaksi berikutnya dari si ibu itu.
Ibu : " loh memangnya kenapa, mesti kemarinan, saya kan baru mau kesananya sekarang mas?" Sambil bersiap menelpon anak atau kerabatnya via ponsel jika benar adanya dia salah naik jurusan.
Anak Muda : " Iya, ibu khan Mau ke pasar senen, tapi liat dong dikalender. Ini khan hari Selasa , ngapain ibu ke Pasar senen?" menutup pembicaraan tanpa rasa bersalah.

...........Dua hari berikutnya, kembali perbincangan serupa, satu plot tapi dengan latar yang berbeda. ceritanya begini : ketika itu kami berempat berada dalam satu angkot, 3 pria, 1 wanita. dua pria masih pelajar SLTP, satu pria nampaknya penjual di sebuah pasar, karena arah kami menuju pasar kebayoran lama. Saat itu saya menduga sifat orang ini sukar ditebak, berperawakan sangar, sesangar lintingan rokok di tangan kanannya. Saya tak bisa menggunakan bahasa verbal buat bapak ini mematikan rokoknya. lantas, saya hanya membaca-baca potocopy an artikel mengenai penghijauan hutan, serta bahaya merokok, dengan gambar2 yang jelas, animasi-animasi menggelitik, yang saat itu saya persiapkan buat bahan mading ditempat kerja. Bisa ditebak, ia merasa tersindir, ada dua anak-anak sekolah juga yang mengerti keadaan itu, entah ia ingat anak-anaknya dirumah atau apa, ia mematikan rokoknya juga, padahal sejak awal kendaraan umum itu berangkat, satu ibu itu sudah batuk-batuk pertanda keberatannya. Pak tua itu langsung turun mobil di tengah teriknya jembatan layang. Soal sikap? Akh, wanita....

...........Sekarang, apa hubungannya dengan kesetiaan? Sabar, Akan kujelaskan nanti kawan, jika saja ini sebuah buku pelajaran, diurutkan dari daftar isi sampai daftar pustaka, ini masuk pada bagian kata pengantar. Ya, kata pengantar.
...........Jadi, 3 hari yang lalu itu aku sempat masuk rumah tahanan cinta. Esi menuduhku berselingkuh, barang buktipun sudah banyak yang beredar. Dari foto-foto kami sedang berlibur, jalan-jalan, sampai duduk-duduk malas di kebun tetangga, menunggu matahari pamit. Dan dengan dua tuduhan sekaligus, aku tak bisa berbuat apa-apa, sulit dijelaskan mengapa seakan mengiyakan semua tuduhan itu. Hubungan kami yang sudah memasuki tahun ke-8 kini diambang kehancuran, masa-masa SMA kembali menarinari dikepalaku, seolah tak percaya apa yang sedang terjadi. Apa serupa ini akhir dari semua cerita? manis diawalnya saja !. Kenapa tak seindah Maria dan Yusuf dipenggalan roman Layar Terkembang ?, atau Fahri dan Aisya dialam cerita Ayat Ayat Cinta? Kenapa jadi seperti kisah si buta mencari cinta, 40 hari bangkitnya Mpo' Cong, atau Dibelakangmu Ada Monyet? kenapa tak seperti Romeo & Juliet, Radit & Jani, Tuyul dan Mba Yul, kenapa? kenapa? kenapa jadi ngawur begini !, kenapa......
*saya sedang bermonolog, jadi terserah saja, berlari dari satu tema ke tema lain, dari satu pasal ke pasal lain, sambil berharap tak melintas seorang guru bahasa indonesia*

...........Memang, jujur saya telah menduakannya, Esi pasti kecewa berat. Kita pernah berikrar sehidup semati di bawah pohon beringin jumat malam kala itu, dibawah rintikan hujan kita beradu pandang, berpegang satu sama lain, berharap, cemas, sambil terus bertanya-tanya satu sama lain: "Sampai kapan hujan ini akan reda!" Langitpun sudah kian meninggi, barang tentu rute pulang nanti masih banyakah orang melintas, sebab kita melewati dua komplek besar , satu cirendeu permai, satu lagi komplek pekuburan. Sebab pula kekhawatiranku, katanya ada pertengkaran hebat didunia mistis itu, antara pocong vs kuntilanak, entah apa duduk perkaranya, yang jelas bukan perebutan harim atau kekuasaan semata.
...........Setelah kejadian mengantar Esi itulah, hatiku mulai berpaling. Mulai dari lirik-lirik ala A rafiq, sampai curi-curi pandang ala David Naif, tapi tidak sampai cubit-cubitan ala Elvie Sukaesih, dia tak minat, Meski ada spanduk raksasa rada provokatif, "Dangdut Never Die". Si Esi tak berpengaruh.
...........SPG( baca: es-pe ge) dengan rayuan maut itu yang membuatku seakan melupakan Esi, tak lama, cukup beradu pandang sebentar, lirik-lirikan. Ya udah, kena ! Dua espege sekaligus, siapa yang tak meronta-ronta hatinya. Maafkan aku Esi, aku melukaimu tuk yang kedua kalinya. Fira Basuki bilang, dalam hidup tak ada namanya kesempatan kedua, tapi masih adakah kesempatan ketiga bagiku dihatimu? dia langsung bilang : Najiz ! (pake z bukan s)
Ya sudah, jika itu yang terbaik untuk kita.
...........Ini sedikit kenang-kenangan terakhir aku dengan Esi, juga dengan katanya "selingkuhan", Pelajaran juga buat yang mau poligami. Dua hilang dua lagi datang. Dunia baru menungguku disana, Esi menjadi masa lalu dengan hadirnya Fle, Sofi pun tinggal kenangan dan masa lalau setelah tergantikan Nike. Khusus buat Dek Esi jangan marah lagi ya, Tante Fle baik kok..




Srluuuup...*lagi meraktekin ilmunya Pa' Tum Desum nih, ada 1 Email tiap minggu mereka kirimin, mau belajar nulis. katanya : tulis aja dulu sesuka kalian. Sembari jalan.
Jalan aja dulu ! jalan jalan, nanti ketemu jalan ditengah jalan.:D)
..........Ayo Shiro, kita jalan-jalan lagi !

137 Komentar:

Akhirnya kluar jg ni judul.
Dari kmrn g bs di ceklik.

5/20/2009  

mengingatkan aku pada from bandung with love, kesetiaan adalah topik yang rawan ya hhhahaha

5/20/2009  

Ngga setia to??
kalo gitu aku ngga jadi naksir ah
apalagi sampe selingkuh 2 kali
hu..hu..hu
bisa-bisa aku nangis sendiri

5/22/2009  

Pertamaxxxxx

5/24/2009  

wah, nggak jadi yang pertamaxxx dong!!!!

Updatee akhirnyaaaaaa

Tapi kok di bawahnya ada Selingkuh!!!
kan emang ganti......
emangnya sama suami
hehehehehe

5/24/2009  

pertamaxxxx

5/24/2009  

bukan pertamax yaaa hohohohoho

5/24/2009  

aku udah maapin kamu dari dulu kok. hehehe...

5/25/2009  

Sangat menyentuh sekali. blog yang bagus, komen balik yach..

5/26/2009  

wadaw.. keyen euy.. cerpen ieu mah .. mantep

5/27/2009  

Apa kabar bang?
Mampir neh...
Waduh...Perda larangan merokok?
Aku kesini bawa rokok bang.
Dilarang gaK?
:)

5/28/2009  

seru ceritanya...,
terus gimana ma tante fle sekarang?? hehehehehe..

lam kenal yak..., ^_^

5/29/2009  

masa sih? kamu setia kok mampir ke blog aku walau kalo lagi lupa suka lupa mampir ya? he he he

5/29/2009  

kereen ueyyy, kuat nulis segitu banyaknya..

5/30/2009  

♥ riosisemut ♥, ceklik apaan tuh..
namanya juga bukan jiwa penulis...kudu nunggu mud baggus dulu...makasih kawan

5/30/2009  

♥ anindyarahadi ♥, nonton juga to...emang sama ya...
♥ Itik Bali ♥, tuh kan, makanya juga kenapa setiap kali kamu ngajak aku makan siang, selalu aku cari alasan buat nolak, selain gak ada buat bayarnya, hal itu juga......

5/30/2009  

♥ Ibnu Mas'ud ♥, persolar deech

5/30/2009  

♥ anak nelayan ♥, dua liter, pulteng ya bank....:D)

5/30/2009  

♥ anak nelayan ♥, iya, aku modern dulu waktu itu, sory atas ketidaknyamanannya ya sob,

5/30/2009  

♥ bhagoezt ♥, iya, emmang harus, kita harus saling memaafkan, bukan begitu bukan?

5/30/2009  

♥ kareeza ♥, menyentuh..apanya yang kesentuh...:D)

5/30/2009  

♥ JALOE ♥, eh siakang, kumaha damang kang?..lila pisan teh kapangggihann, nya....

5/30/2009  

♥ HumorBendol ♥, gak? perdanya kemaren kok, sekarang bukan perda lagi..PERAAAAANG

5/30/2009  

♥ DiMaS a.k.a AditZ ♥, tante fle baik kok, lagi tidur tuh, nanti aku salamin dech...
salam persaHabatan juga ya sob

5/30/2009  

♥ Sang Cerpenis bercerita ♥, jadi menurut mba aku masih setia ya...ya sudah . sekarang saya akan coba dari awal lagi, menguji kesetiaaan...:D)

5/30/2009  

Ah, saya sedang stress berrat nih...

5/30/2009  

penulisan punya karakter yg unik...bakat jd penulis...setia...selingkuh tiada akhir

5/30/2009  

Maap Mas Awan, saya hanya mau mengucapkan salam kenal saja.

Saya pengin menjadi temanmu juga.

5/30/2009  

panjangnya mas, merokok itu bagaimanapun kan tidak dosa to...

5/30/2009  

mampir lagi nih setelah lama gk kesini

5/31/2009  

salam kenal!!!

6/02/2009  

i am a traveling to sunday this weeked for a holiday from brisbane .. later or a credit my travle insurance.

6/03/2009  

nenek kejammmmmmmm...!!!!
berani selingkuh!
hahaha..
ternyata skarang si esi lagi ama aku nek
tapi aku lebih seneng ama si metri
(metri=em tri=im 3)

6/04/2009  

bagus ceritanya ..kreatif..salam kenal ya...

6/04/2009  

wew ini lg praktek ilmu :O dari dl pan ilmunya tulislah sesukamu ihihih kl ndak suka ndak usa dipaksain nulis...

besok selingkuh dari komputer ke mesin ketik

6/04/2009  

hmmm ..tak setia

6/04/2009  

aduh.. soal selingkuh yah?? ga ikutan!!

6/04/2009  

hehehehhe

6/04/2009  

hehe...anak muda yg ditanyain si ibu, dia lucu ya? ato dia kurang sopan? waduh...beda tipis bang
hehe....

6/04/2009  

haha....pasti tergoda ke Ple karena 2 SPG tadi ya?
hehe...
Ple emang bukan telp biasa.

6/04/2009  

hi salam kenal!!!

6/05/2009  

tetap nulis aja. pasti bisa kok

6/05/2009  

lama gak main kesini , ternyata banyak perubahan ya,,,,

6/05/2009  

haayyy awaaaan

6/06/2009  

tetapi aku masih setia ma rokokku neh
gimana dong?

6/07/2009  

eaa.. mantab banget finishingnya!? kalo dalam main bola pasti dah gol setengah lusin tu.. hehehe...

6/07/2009  

dukung larangan merokok hore! hahaa asep bikin sesek menn dah cukup ama asep knalpot!

6/07/2009  

si Esi ntu Esia, emang dasar penyuka sinchan ntu pikirannya jadi terasuki kayak si sincahn, hwehehehehehehe
ditanyain sama ibu2 kok malah jawabannya mbanyol, ep ya emang sedang bermonolog sajo kan..... hehehehehhe

6/08/2009  

bagus banget karyanya,terus bekarya ya...

6/08/2009  

hari gini susah nemuin yang setia hoho

6/09/2009  

monolog yang bagus dan kreatif dalam penggunaan namanya ^^ salam kenal

6/09/2009  

Karya yg mengena sob, jadi ngak enak ati nih..

6/09/2009  

setia... adalah tantanganku... besok tak posting ah

6/11/2009  

salam kenal
kunjungi blog saya di "bodohabdi.blogspot.com
jgn lupa kasih komnet

6/13/2009  

Akhirnya update juga blog ini, bolak balik beberapa kali nunggu postingan terbaru akhirnya dateng juga :D. Ceritanya boleh juga, beberapa point patut dicatet dalam kamus hidup

6/13/2009  

SETIA (Setiap Tikungan Ada), he..he. tapi gmana yah kadang2 kita tu nggak punya niat loh. cuman kesempatan aja yg sering dateng

6/13/2009  

udah nge-link kamu :)

6/14/2009  

wew.. ceritanya kurang ngerti.. agak panjang juga.. ^^'

6/14/2009  

Setia itu penggorbanan,........
by www.fajarbukan.blogspot.com

6/15/2009  

SAHABAT-SAHABAT BLOGGER, SAYA MENGAJAK PARA SAHABAT UNTUK BERTUKAR LINK, SELAIN UNTUK MEMPERERAT HUBUNGAN SESAMA BLOGGER JUGA BERMANFAAT UNTUK MENINGKATKAN TRAFFIC ATAU PAGERANK.

6/15/2009  

Masih gak setia to mas??

6/17/2009  

kasian sekali la...

kesetiaan=harga mati

6/18/2009  

setuju setia=pengorbanan
ceritanya seru::

6/19/2009  

link balik yah...
cek yah

6/19/2009  

salam kenal...dukung SEO kontes bertuah

6/19/2009  

ngak papa nta ada harinya untuk setia

6/20/2009  

gak setia vs setia hasilnya gimana ya??

6/21/2009  

setia, selingkuh tiada akhir hehehehhe

ayo jadi setia :D

6/21/2009  

Dah sebulan blog ini dicuekin yang punya
hiks....
kemana aja bro....????
Tak tanyain Satria Bertopeng aja deh....

6/21/2009  

samma donk.
aq pun ga setia.

hehehe.
:D

6/22/2009  

tulisannya panjang euy..
tetap setia deh.

6/23/2009  

go...setia...go...heheheheheh

6/24/2009  

yah setia emang sulit,..
banyak godaan,..
kalau kuat jalani aja,.
tapi kalau ga kuat ya apa boleh buat,..
nice bro,..

6/25/2009  

waduh postingannya kepanjangan pak, hehe2x :)

6/25/2009  

saya maafkan mas ...heheheheh

6/26/2009  

saya pikir selingkuh apaan kah..??
rupanya ....hahaha... bagus juga postingannya om, tapi kepanjangan... meler mata bacanya..hehe

6/26/2009  

Shiro...tunjukkan dimana Pahlawan Bertopeng berada...
Kadang muncul...kadang ilang....
Aku rindu padanya.....

6/27/2009  

apa kabar sobat.. lama ngga berknjung

6/28/2009  

mampir lagi... belum apdet yah?? ayo semangat!!

6/28/2009  

ini cerpen bukan ya, bagus.. kirim ke media aja..
salam kenal.

6/29/2009  

Salam kenal kawan. Aku datang untk menyapa sahabat blogger

6/29/2009  

Salam kawan

6/29/2009  

Introduce a new payment system of Paypal, and get Revenue from business with the program just put the logo on the blog or sites that have a PageRank 2 and above, each PageRank 1 multiplied $ 10 per month. Is Free ...

For More Information Read the link below:
http://djmake-money.blogspot.com/2009/06/paid-to-put-logo-from-pecfectmoneycom.html

6/30/2009  

nike..nike jgn selingkuh :)

6/30/2009  

Cerita yang menarik nih, keep posting :)

7/02/2009  

tambah keren aja neh blog ya,,gak kayak blog aku ya,,,,hix2

7/05/2009  

yA DEH KUMAAFKAN, hehehe

7/07/2009  

Hi…



Ada info penting banget nih.. Tahun ini Jawaban.Com kembali mengadakan event gede-gedean untuk Para Bloger Kristen, yaitu Christian Indonesian Blogger Festival 2009 (CIBfest 2009). CIBfest kali ini bertema "Menjadi Jawaban Melalui Kreativitas Yang Berdampak". Ada hadiah berupa uang tunai Rp. 15 Juta Rupiah untuk 3 orang pemenang.Pastikan kamu ikutan juga Writing Competitionnya, siapa tahu hasil tulisan kamu terpilih untuk dibukukan! Yupz, Jawaban.Com bekerjasama dengan PT. Elex Media Komputindo akan menerbitkan buku kumpulan karya finalis CIBfest. Kamu ingin ikut terlibat dalam event ini? Caranya gampang dan Gratis!!! Ayo buruan daftar!! Pendaftaran terakhir tgl 30 Agustus 2009 loh.. Jadi log on langsung ke www.cibfest.jawaban.com



Di tunggu yaaa….. God Bless…

7/07/2009  

Hi…



Ada info penting banget nih.. Tahun ini Jawaban.Com kembali mengadakan event gede-gedean untuk Para Bloger Kristen, yaitu Christian Indonesian Blogger Festival 2009 (CIBfest 2009). CIBfest kali ini bertema "Menjadi Jawaban Melalui Kreativitas Yang Berdampak". Ada hadiah berupa uang tunai Rp. 15 Juta Rupiah untuk 3 orang pemenang.Pastikan kamu ikutan juga Writing Competitionnya, siapa tahu hasil tulisan kamu terpilih untuk dibukukan! Yupz, Jawaban.Com bekerjasama dengan PT. Elex Media Komputindo akan menerbitkan buku kumpulan karya finalis CIBfest. Kamu ingin ikut terlibat dalam event ini? Caranya gampang dan Gratis!!! Ayo buruan daftar!! Pendaftaran terakhir tgl 30 Agustus 2009 loh.. Jadi log on langsung ke www.cibfest.jawaban.com



Di tunggu yaaa….. God Bless…

7/07/2009  

kemanakah dirimu?!?!?

7/09/2009  

msh blom apdet ya???

7/09/2009  

cerita tentang tak setia memang selalu memilukan ya :(

7/11/2009  

first of all, ni blog ape esai?
second, klo udah berkoar2 anti rokok, udah, skr selametin diri dulu mas, perokok pasif lebih dirugikan.
3rd, kalo saya jd ibu2 di bus tu, saya sambit sampean! ;D
4th, cerita Radit dan Jani berakhir menyedihkan loh mas.
last but not least, kenapa hrs SPG siiiih? buset dah!

7/13/2009  

Terimakasih artikelnya sangat membantu bagi semua pembaca, semoga bermanfaat
Salam Action

Bisnis Internet Marketing

7/13/2009  

Informasi yang menarik adalah informasi yang membuat pembacanya mendapatkan manfaat darinya.
Semoga informasi anda menjadi salah satunya.

7/13/2009  

walah selingkuh ama siapa nih kang...huehehehehehe

7/15/2009  

Untung kamu nggak selingkuh sama aku :). Hi hi hi. Pa Kabar ???

7/15/2009  

hello... hapi blogging... have a nice day! just visiting here....

7/19/2009  

mengingatkan ku akan masa laluku.......

7/22/2009  

Haha.. Setia selingkuh tiada akhir

7/22/2009  

wah...
cerita seru mas...
salam kenal...

7/25/2009  

oke juga nih buat dibaca2

7/29/2009  

asyik juga ya kalau dibaca berulang2??

7/29/2009  

tp aku setia kok mas...
hehehe..

8/07/2009  

Setelah posting ini sebaiknya posting selanjutnya adalah "Tips berhenti merokok"

Salam kenal...

8/23/2009  

Trims sharingnya

8/27/2009  

Bener tuh, postingan selanjutna :Tips b'henti merokok,coz we dah bosen jd korban para perokok

8/28/2009  

nice share friend...

9/08/2009  

Trim sharingnya ya...

9/12/2009  

Kunjungan perdana ni, salam kenal ya....

9/13/2009  

Salam kenal mas...
good story

11/03/2009  

Wah ngikutin sambil mikir2, heheheheh.
yah gitu dah namanya keputusan yg benar itu belum tentu baik, dan yang baik itu belum tentu benar.

11/12/2009  

I feel your blog really useful and inspiring me. Thank you.

12/30/2009  

How exciting, i will certainly take a look at the new blog!

1/16/2010  

nice post..salam kenal ya

1/19/2010  

A good site for you guys to check out is text link adds, you should do a search in Google and you will see what I’m talking about.

1/26/2010  

Thanks for providing list of dofollow blog.

4/01/2010  

Mantap artikelnya

4/08/2010  

Hiks.. menyentuh ceritanya

4/16/2010  

jgn sering2 selingkuh mas.. ngga baik buat kesehatan jiwa :D

setialah

5/22/2010  

bagus sekali mas.
jempol dua deh untuk anda...

7/24/2010  

setia.. setia.. setia...

7/31/2010  

hakakaka
setia.. (selingkuh tiada akhir)

7/31/2010  

Baca ini knp jadi ngakak ya ... lucu asli

3/21/2011  

ceritanya emang seru nih

4/28/2011  

bagus nih,,,,

6/03/2011  

wah wah ceritanya bagus nih mas / mbak ...

7/30/2011  

Yes, well written article. I could find out some useful information on your blog guys. This is really useful for everyone. I love this post. Thanks for sharing it.

8/10/2011  

syukur deh ada kesadaran, wkwkwk

8/30/2011  

bagus nih artikelnya. ditunggu ah artikel selanjutnya...

11/19/2011  

Hhhhmmmm
Sedih juga Gan Ceritanya,. ,. Maju Terus Gan,. ,.

12/16/2011  

ga setia apa dulu nih???

1/10/2012  

menarik sekali isi artikelnya..

1/30/2012  

catatan pribadi ya gan, mantap deh mau share

8/04/2012  

kesetiaan memang hanya ada di dunia hayalan.. gan

8/07/2012  

sebisa mungkin kita harus menjadi orang yang setia ..

12/31/2012  

keren keren gan
mantap, lanjutkan

5/07/2013  

Post a Comment

- thank you for comment -

leading enclosure awan2 yg lain Pintu PersaHabatan

Inspiration by My Mom bEloveD !