PARASIT

Premis Mayor : berusaha berbenah diri adalah ciri kehidupan positif
Premis Minor : anak baik, selalu berusaha berbenah diri

..... Kata orang, dalam hidup kita hanya punya satu reputasi. Kalau tidak jadi orang baik, ya jadi orang jahat. Kalau tidak pegawai negeri, ya swasta, kalau bukan KPK; ya Kapolri, Kalau bukan anak mami ya anak papi, kalau bukan penjahit, ya tentu saja penjahat.:D) Dan tidak ada sejarahnya juga ada manusia baik tapi hanya setengahnya saja baiknya, bisa dikatakan semikonsisten, atau ada juga sebutan separo malaikat dan separonya lagi jin. Bah …apapula itu !(suara dari kamar sebelah seraya ikut berargumen).

........Tapi yang terjadi adalah, saya merasa pengecualian dari asumsi-asumsi diatas. Kalau kemarin saya bisa jadi begitu malaikatnya dimata beberapa orang, besoknya saya benar-benar bisa mendapat predikat rajahantu dari seluruh ibu-ibu PKK sekelurahan. Jika dihari senin saya bisa berpatriosasi dihadapan kepala kantor dengan mengibarkan bendera kebanggaan negeri ini, sorenya saya bisa dicap superpengkhianat lantaran mengibarkan bendera setengah tiang dihalaman rumahnya + membocorkan aib terbesar bos saya itu : tentang atap rumahnya yang bocor.

....... Jika dititik ini anda belum memahaminya juga, pantaslah. Pikiran ini sedang ingin berkudeta, ketukan not-not keyboard ini hanya memfasilitasinya saja. Jangan dihakimi, dia tidak bersalah !

....... Sejak kecil, tepatnya menjelang kenaikan kelas 3 SD, saya sudah terbiasa hidup mandiri. Bukan lantaran didikan nenek saat itu, atau gerakan swasembada yang di usung kepala desa pada masa itu (sesuai dengan logo pohon beringinnya itu). Tapi, keadaanlah yang memaksa hal itu terjadi. Dan sepertinya hal itu terbentuk hingga sekarang, sepertinya.

....... Mencari kayu dihutan, menjala ikan, berjualan sayur-mayur hasil tangan sendiri berkeliling desa, sudah biasa saya lakukan. Ilmu yang tak mungkin bisa terulang lagi untuk mendapatkannya. Sebuah masa-masa perintisan kehidupan saya dengan ibu, hasta demi hasta, bata demi bata, lantai dan terus sampai ke atapnya. Dan sisa perjuangan ini kini telah berpindah tangan tanpa sepengetahuan, tanpa hasil sepeserpun.

........ Ok ! itu masa lalu, tak perlu didramatisir. Ini tak akan happy ending seperti sebuah sinetron. Belum !

....... Pendek cerita, bagaimana awal ceritanya saya kemudian hijrah ke ibukota. Sebuah awal yang buruk dalam perjalanan hidup sebuah kehidupan. Pendek cerita lagi, kami ( I and father ) 5 menit menuju terminal Pulo Gadung, membawa hasil penjualan panen di kampung halaman. Kami kecopetan (dengan uang berjuta-juta yang besar nilainya saat itu) ! tepatnya DIRAMPOK malah ! ......mulai seperti sinetron khan. Ok, CUT !

........ Dari sisi ini, nampaknya ibukota tak mengharap kehadiran saya. Bukan lantaran kapasitas kota ini telah penuh. Tapi, ketakutan tak bisa bertahan membuat ibukota terpaksa jadi sekejam ibu tiri. Siapa suruh datang Jakarta ! kata isi sebuah lagu lama.
Saat itu, saya terus menatap kedepan. Mengambil sisi positifnya.

...... Blok demi blok, flat demi flat, pergantian RT sampai gulung tikarnya Pa Lurah bermata sipit lantaran ditengarai selingkuh dengan janda muda, hingga kongkalikong penurunan ketua sebuah Karang Taruna organisasi kepemudaan. Hidup kami masih terus saja berpindah-pindah. Lantainya saja tak pernah bisa digunakan untuk bercermin. Satu lagi : untuk MCK menggunakan sistim nomor antrian. Persis seperti dikantor perpajakan. ”Nomor antrian No. 213 silahkan menuju loket 3, jangan lagi meninggalkan celana dalem di kamar mandi, bau SANGIT tahuk” Kadang-kadang, sudah ngantri lama, yang lagi mandi didalam malah terdengar sayup-sayup setengah mendengkur.

.........Menginjak bangku SLTP, kemandirian saya terus tercermin. Menjadi petugas parkir diacara kawinan tetangga, wasit pertarungan catur tujuhbelasan. Dan yang paling melekat adalah berjualan surat kabar dan majalah keliling, toko demi toko plaza demi plaza, perumahan wah dan terus sampai ujung portal perkampungan kota ( berjualan koran dilakoni selama 3 tahun). Kadang, saya juga mengamen diprapatan lampu merah Pondok Pinang. Memang usia saat itu, masih belum mengenal adanya GENGSI. Sayang, kenapa sekarang jadi begini ya, otak jadi tak bisa berkembang. Salah langkah sedikit yang dikhawatirkan lebih dulu adalah reputasi. Kata gengsi membuat pikiran kita jadi sedikit lebih sempit.

....... Bagi anda yang memang seorang pendatang seperti saya, hampir 10 % nasib kita mungkin tak jauh berbeda. Haha..... kalimat ini hanya pelarian saja, saya hanya ingin mencari tempat berbagi, biar beban agak berkurang, biar penat sedikit berlalu. Kita khan Genk ! betul....betul...betul....

..... 7 tahun kemudian
Selepas tamat sekolah lanjutan. Masa-masa sulit saya kian akut. Akut akut dan (t)akut.
Predikat saya sekarang : PARASIT

..... Hidup semipermanen seperti benalu, bisa menyumbat hidung orang seperti sampah, menghisap darah, menghantui, biang keonaran, sumber kegaduhan, palang kemerosotan, pionir keporakporandaan, dalang huruhara, otak segala kekacauan, mata-mata kaum pecundang,
Itulah saya ! Jadi jika anda telah tergugah. Pilih saya, KETIK REG spasi MAKAM untuk mendoakan saya cepat menuju surga. Dengan catatan anda bersedia dan siap menemani.

...... Nama saya memang bukan RASIT, tapi saya bisa dipanggil PAK RASIT. Saya doyan mie PANGSIT, saya hobi menjadi WASIT. Dan dua hari lalu dokter mengatakan otak saya sedang SAKIT !

90 Komentar:

Lihat judulnya, jadi ingat sama Lagu Gita Gutawa yang berjudul sama yakni Parasit (bukan Pak Rasit)he...he...

1/28/2010  

Apa salah nya mencoba hidup di kampung sendiri..
dengan tidak menjadi PARASIT...
sekarang kan zamannya pemerintahan daerah..
hehe..

1/30/2010  

"Nama saya memang bukan RASIT, tapi saya bisa dipanggil PAK RASIT. Saya doyan mie PANGSIT, saya hobi menjadi WASIT. Dan dua hari lalu dokter mengatakan otak saya sedang SAKIT !"

I like this,, ada2 aja kata2 nya...!!
Nice post..!!

1/31/2010  

emang ada ya
REG spasi MAKAM???

2/03/2010  

I appreciate it very much, at least I know from it someone is reading the contents I have here.

2/03/2010  

kunjungan perdana ke blog sahabat ne..
This Is my First COming Here.
I would say Thanks You FOr All...

regards

2/05/2010  

kunjungan perdana..
tulisannya bagus sob..bakatnya hebat nih..

2/07/2010  

Wauw...
dari sekian tulisan, ini punya motivasi sendiri untukku..
kosakatanya bervariasi dan mempunyai kesan tersendiri untukku membaca yang satu ini!!
:]

2/07/2010  

2/10/2010  

semua mungkin mengalami masa-masa sulit. tetap berjuang bus, semoga sukses selalu menghampiri :)

2/11/2010  

salam kenal yaa

2/12/2010  

linknya udah aku pasang sobat ..pasang balik ya.... http://www.salingberbagi.com

2/13/2010  

Hahaha,, tulisan yang menarik juga,, salam kenal

2/14/2010  

antara serius dan jayus, tapi jujur saya akui ini tulisan bagus. Ibukota bukan tempat untuk coba-coba, bukan tempat untuk bersuka cita. Ada yang bilang ibukota itu tempatnya orang kerja, kalau liburan ya ke bandung aja. nah loh, hihihi, jadi ngelantur gini komennya

2/15/2010  

wah parasit..hehe
artikel bagus sobat

2/17/2010  

Bahasanya enak dicerna. Kadang ngakak sendiri saya :D
Salam kenal sob :)

2/17/2010  

parasit,,apanya gulma ya?
heheh

*kaburrr

2/17/2010  

ketik reg spasi pak rasit untuk mendapatkan wangsit, pangsit, dan biar ga menjadi parasit..
Lifestyle Inspiration

2/20/2010  

Tahukah kamu? PAK RASIT itu pernah pacaran sama BU RUSLI, tapi keburu putus karena BU RUSLI sibuk maen film Kungfu judulnya Enter the Dragon! hahahahaha

2/20/2010  

tulisan ini penuh dgn motivasi..
pendapatku, asal kita mau kerja keras dlm mengubah nasib, apapun tujuan kita pasti bisa dilakukan.

2/21/2010  

Pokoknya jangan hidup sebagai parasit sudah baik kawan

2/22/2010  

inspirasi tingkat tinggi neh artikelnya :D

2/23/2010  

hahaha.. ternyata parasit ada yang pemakan pangsit juga...

2/23/2010  

Mengapa harus mengkambinghitamkan parasit ? Sejelek-jeleknya parasit, pasti punya manfaat yang tersembunyi.

2/23/2010  

ya semoga saja dipertinggi aza ilmu akhiran kit-nya

2/24/2010  

sangat menginspirasi bos....

2/25/2010  

ya, perbuatan baik atau buruk itu, bagaimana cara kita mengahadapi dan melakukan perbuatan sesuai dengan lingkungan...

2/25/2010  

hem jadi dari membaca artikel ini kita bisa memaknai. menurut pandangan pribadi,, makasih sob

2/28/2010  

Waduh artikel inspiratif sekali sob.. sampe 2 kali aku baca nih lam kenal ya
n saya akan bangga bila bisa bertukar link dg blog ini

3/02/2010  

Pengalamannya boleh juga nih pa rasiot yg hobi pangsit.. hehe.. lam kenal ya

3/02/2010  

benar2 perjuangan hidup yang luar biasa...dua jempol!

3/02/2010  

keren dapat pencerahan dari sini,, makasih ya sob,, semoga artikel ini bermamfaat,, sukses selalu sob

3/03/2010  

paraSIT harus geSIT bro..!

3/08/2010  

hehe...
salam kenal...

3/17/2010  

life is miserables lies..
keep strugle!!

5/07/2010  

kalo ketik REG spasi MAKAM...kepotong pulsa berapa rupiah tuh pak? hehehe...

5/21/2010  

inspiratif sekali..

salam kenal bos :)

5/22/2010  

salam kenal

6/10/2010  

thanks to info,,,duh artikel inspiratif sekali ney.. sampe 2 kali saya baca nih lam kenal ya
n saya akan bangga bila bisa bertukar link dg blog ini....

6/23/2010  

enak dibaca juga artikel kisah parasit nya, penyajian yg mantap :-)

7/09/2010  

Kobarkan parasitmu wahai sahabat.Semoga cinta alam ini terus berkembang.

8/12/2010  

Jiiiah....
cerita ini beneran gak sih???? "bingung.com"

8/16/2010  

kunjungan perdana..
tulisannya bagus sob..bakatnya hebat nih..

9/21/2010  

tulisan yg bagus bro... komplit ada lucunya juga.hehehe... keep posting...

9/22/2010  

parasit yg buat terjun apa parasit tumbuhan? atau orang yg suka menghisap darah orang? hehe

9/30/2010  

hha, sedikit sinopsis ttentang kerasnya kehidupan. nice bgt gan..

1/15/2011  

hahahaha... sakit, untungnya aja gak suka penyakit sob..

1/26/2011  

hahaha....ada2 aja :)

2/05/2011  

Keren blognya,, bagus banget!

2/22/2011  

mantab sekali biografinya :D

2/22/2011  

wah sebuah Motifasi Untuk saya.
Nice Share
Nitib Web Saya yah
Aneka Permen Dari Berbagai Negara

3/07/2011  

kek judul lagunya gita gutawa PARASIT.. hehe

3/12/2011  

benalu itu juga parasit. orang yang kelakuannya kayak parasit biasanya akan dijauhi orang. tapi kalau masih anak-anak ya tidak apa-apa.

3/14/2011  

seru jugga kisah parasitnya, cerita yang begitu sulit namun di sajikan dengan lebih ringan dang tidak di dramatisir, keren dech pokoknya............

4/13/2011  

ok juga nih ceritanya, seru banget gan hehe
makasih banyak buat infonya

5/05/2011  

ada pengalaman pribadi dengan parasit gan... manfaatin balik dong

5/22/2011  

parasit memang sangat merugikan

6/23/2011  

Kalau tidak jadi orang baik, ya jadi orang jahat

7/13/2011  

Thank you buat sharing nya gan. parasit memang merugikan dan suka memanfaatkan hehehe

7/20/2011  

saya pernah mengalami kejadian serupa diatas. reputasi saya hingga sekarang selalu membaik dari hari ke hari sehingga cerita diatas berujung kembali pada sya dan mengalaminya

8/29/2011  

sharing yg bagus pak,
rajin2 update ya

9/12/2011  

thx udah ngasih insipirasi.........mudah2an kita bisa menjadi org yg sukses dunia dan akhirat....aminnnnn

9/17/2011  

ayo jgn jadi parasit ya!
jadi blogger baik aja:-)

10/08/2011  

mantap mantapjuga nie,gan makin menarikaja nie,,,,,,

10/20/2011  

itulah namanya kehidupan ada yang baik ada juga yang jahat...

11/23/2011  

boleh gan. mengispirasi. thx.

12/28/2011  

gw akuin tulisan anda bagus bgt.

wkwkw.. entah kenapa gw sedih bacanya nih

1/12/2012  

iseng2 baca ternyata menarik jg tuh...

1/22/2012  

browsing2 cari referensi tentang parasit ilmu biologi,, eh ternyata ktemunya disini

cerita gak nyambung,, tapi gk papa menarik kok ceritanya :)

1/30/2012  

maksud ceritanya gan ..

2/08/2012  

menarik gan , lanjut deh

3/26/2012  

wah, ini cerpen ya?
tak kira apaan..
hihihi

5/14/2012  

bagusnyooo, lebih kretif lagi dek

5/22/2012  

salam sehat

7/11/2012  

hahaha lucu lucu banget gan

8/07/2012  

sip gan.. motifasi yang bagus

8/07/2012  

gua kira beneran hahahaha

8/09/2012  

artikel yang menarik..

8/11/2012  

Info bermanfaat, thanks yap

8/25/2012  

Salam kenal,

cerita yang sanagt menginspirasi sekali gan...:D

8/27/2012  

makasih banyak atas informasi yangb telah diberikan sob,,,sangat bermanfaat sekali buat saya,, menambah wawasan dan pengetahuan...ditunggu aupdatean terbarunya sob,,,mantap!!
Ekiosku.com Jual Beli Online Aman Menyenangkan
Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia

11/22/2012  

hindari parasit...

12/04/2012  

Artikel yang Dahsyatt sob. Informatif sekali. Nice share ya. Followbacknya sob di tunggu. Makasih

12/26/2012  

parasit itu adalah makanan seperti bakso itu loh...pake sawi dan ayam potong kecil-kecil n pake krupuk juga....enyak enyak...hehehehe

salam kenal

1/21/2013  

parasit dalam arti tumbuhan dan sifat sama2 tidak baik...

3/25/2013  

parasit emang menggangu sekali

3/25/2013  

ayo gan kita sama2 berkarya ,,,, agar buat negara ini bangga

5/10/2013  

parasit hehe bahaya bos

5/27/2013  

Bahasanya enak dicerna. Kadang ngakak sendiri saya :D

5/31/2013  

sebentar, ijin nyimak dulu gan. Postnya berkualitas, rugi kalau sekedar dilewatkan...
Nice share pokoknya

6/18/2013  

Post a Comment

- thank you for comment -

leading enclosure awan2 yg lain Pintu PersaHabatan

Inspiration by My Mom bEloveD !