Bermimpilah, Indonesia !

Prakata: "Jangan pernah bertanya apa yang pernah negara berikan padamu akan tetapi tanyalah pada dirimu sendiri apa yang sudah kau berikan pada bangsa ini"

............Terkadang, berawal dari Impian sesuatu yang luar biasa yang menyangkut dibenak kita bisa terwujud. Misalnya begini; Ada seseorang yang jika sudah besar ingin menjadi Dokter. Dari Impian tersebut, ia kemudian berusaha memvisualisaiskan makna Impiannya tersebut. Dengan usaha dan upaya, hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan untuk mencapai Impian tersebut, ia akan mengusahakannya (Misal langkah awalnya; dengan masuk program IPA semasa SMA kemudian memperdalam ilmu2 yang menyangkut hal ihwal kedokteran). Dan pada akhirnya ia Selangkah lebih dekat pada Impiannya itu.
............Begitu juga dengan sebuah negara !
............Jika punya Impian rakyatnya sejahtera; Seorang Pemimpin tak mungkin memberikan aset2 (menjual BUMN-red) berharga/penting negara pada pihak lain, yang mestinya kebutuhan rakyatnya sudah bisa ia penuhi.
dan jika punya cita-cita rakyatnya sehat dan tidak sakit-sakitan; Sang Pemimpin pun tak mungkin mengubah status sebuah tempat cek kesehatan menjadi berlabelkan privatisasi; yang bermotto rada horror itu "Orang Miskin dilarang Sakit". Dalam hal ini sebenarnya siapa yang sakit? Pemerintah yang seharusnya bertanggung jawab menyediakan pelayanan kesehatan esensial bagi rakyatnya;bukan untuk tujuan finansial dari pelayanan tersebut. Dan masih banyak analog serta contoh serupa lainnya.
............Nah Berbicara Impian, Tengoklah Negara Jepang. Mereka Punya Mimpi suatu saat bisa mengikuti Piala Dunia, tak lama kemudian lahirlah cerita fiksi "Kapten Tsubasa"yang terkenal di kalangan pencinta Sepak bola itu. Ajaibnya, selang beberapa tahun kemudian (1998) sosok Tsubasa itu menjelma menjadi Hidetosi Nakata, Masashi Nakayama, dan Yoshikatsu Kawaguchi yang mengantarkan Jepang mengikuti Ajang sepak bola terbesar itu pertama kalinya. Filosofisnya: Berawal dari Impian, apapun yang bisa dilakukan bangsa-bangsa lain maka bangsa Jepang harus bisa melakukannya malah hasilnya harus lebih baik. Lalu bagaimana dengan kita; kalau Jepang bisa bermimpi dengan Tsubasanya. Kapan kita berani bermimpi, Indonesia !
............Bermimpi untuk memiliki Pemimpin yang benar (good governance), untuk bisa menjadi sebuah negara yang tidak konsumtif dan pasif. Tetapi negara yang mempunyai Rencana Besar untuk maju dan melaksanakan rencana tersebut dengan harapan yang besar pula. Ya, Harapan Bung !
............Terlalu jauh jika kita berbicara Apa Sebenarnya Mimpi dan Tujuan Bangsa Indonesia. Agak mengerucut sedikit, seperti prakata saya diatas; apa yag bisa kita lakukan untuk negara. kita seorang akademisi menyumbang medali emas dari olimpaide fisika misalnya, seorang polisi yang mengatur jalannya lalu lintas, seorang tangan hukum yang menjatuhkan putusan dengan adil, seorang pemimpin yang tak bisa tidur nyenyak sebelum rakyatnya berhenti mengeluh, atau menjadi petugas pos yag seharian berkeliling menawarkan jasa mungkin? Kita punya kapasitas masing-masing bukan. Baik Presiden, Pejabat, sipil, buruh, semua sudah punya tugas-masing-masing dan tinggal bagaimana kita mengeksplore potensi yang ada untuk memajukan negeri kita ini. Agar demokratisnya jalan, indeks KKN bisa diminimalisir, dan terpenting adalah mengutamakan kesejahteraan rakyatnya. Segala sesuatu yang baik akan mengantarkan indonesia dengan lebih baik. Selagi dijalur yang benar;kita satu arah !
............Kebanyakan selaku personal, kita terlalu terpaku pada seorang pemimpin yang mengambil kebijakan yang kadang tak sesuai dengan keinginan kita(rakyat).
misalnya kutipan obrolan di sebuah warung kopi ini :
Anto : " Pemilu nanti saya golput ah"
Deni : " Kenapa? alasannya apa !"
Anto : "Ya, percuma aja, dana 9 triliunan kita keluarin buat nyari satu Pemimpin tapi dapetnya malah Pemimpin yang Pemimpi(n), yang menang di debat terbuka aja, abis itu tutup
2 an lagi.Bener kata Emha(Cak Nun), kita ini seperti gelandangan dikampung sendiri, apa-apa susah. klo pemerintah gak bisa berubah mau jadi apa kita !"
("Apa kita itu benar-benar paham bagaimana kinerja suatu pemerintahan, bagaimana menjaga kestabilan negara, yang mungkin justru harus diambil kebijakan menaikan harga pangan misalnya, agar stabil kembali, atau yang lebih radikal (real dilapangan) dengan adanya penggusuran bangunan liar yang memang seharusnya disana dibangun ruang hijau /serapan air, dsb.Kita harus mengkaji itu keakar-akarnya, jangan melihat permukaanya saja")
............Itulah mayoritas masyarakat kita. Mengharapkan perubahan namun sama sekali tak merubah paradigmanya sendiri terlebih dahulu, bagaimana seharusnya memakna kata perubahan itu. Mana mungkin Tuhan merubah suatu kaum jika kaum itu tak mau merubah diri sendiri terlebih dahulu. Seperti mengutip ucapan Ustadz Abdullah Gymnastiar"Mulai Dari Diri sendiri, mulai dari yang terkecil, dan Mulai Saat ini juga. Garis akhirnya adalah KITA HARUS BERBUAT. Hidup itu khan perbuatan, betul tidak bung! Hey....Iya kamu !! yang lagi asik masyuk membuka wawasan, yang punya Mimpi Indonesia lebih baik lagi, dan yang berjiwa optimisme nya tinggi !!! Kita memang diharuskan optimis (berharap/pengharapan baik) dengan bangsa ini. Mari kita bantu pemerintah kita dengan menjadi warga yang sebaik-baiknya, tunjukan integritas bangsa lewat perbuatan dan prilaku kita. Pilih pemimpin yang benar2 mendengar aspirasi rakyatnya. INDONESIA BISA LEBIH BAIK !!!

-------------------------------------------------------------------------------------
Footnote : Ada sebuah kompetisi blog Bugiakso Blog Competition 2009" Aku untuk Negeriku". dan tulisan ini sedikit ingin berpartisipasi didalamnya. Berharap Untuk sebuah perubahan yang lebih baik ! buat Sobat Indonesia yang mendukung : KETIK REG (spasi) Awan kirim ke Ibu kamu masing-masing, es'Em'es yang kamu terima langsung dari kantib setempat) .....haha....ini intermezzo aja, bukan bagian dari artikel. Semoga Indonesia makin KLOP ! .......Yup !


75 Komentar:

mm... soal pemimpin dan demokrasi. secara prosedural demokrasi kita ini udah keren banget kok. bahkan amerika pun memuj gitu lho. hanya memang parlemen yang terbentuk juga pemerintahan yang terbentuk belum membawa ruh-ruh semangat peruabhan yang kita impikan. yah.. hanya perubahan yang kita impikan. dan bukan perubahan yang kita konsep.

maka memang perubahan paradigma perubahan itu sendiri yang harus kita bangun bersama, bahwa kita bisa berubah dengan peta yang jelas. mempersatukan banyak ideologi memang mungkin sangat sulit, tapi sejarah mencatat Indonesia pernah mangalami itu. ketika sukarno hatta memimpin negeri kita. mereka bisa menggabungkan berbagai macam harapan dari banyak kalangan.

wallohu'alam..

2/02/2009  

Para pemimpin Indonesia berebut utk menjadi presiden. Di masa kampanye, semua hanya omongan manis belaka. Tapi, setelah sdh jadi presiden, rakyat dibiarin begitu aja. Semuanya melarat. Jadi, klo disuruh memilih partai apa yg paling saya sukai, ya saya pilih asal2an aja. Yg penting milih. (btw, kok jd curhat yah...)

2/02/2009  

ehm. dan skrg Indonesia pun sbenarnya punya mimpi dhsyat. Mimpi utk mmbangun. Klo mimpi2 itu bisa di-install, lahan korupsi kan smakin luas. :) pfiuh, mmpi-mimpi...

2/02/2009  

aku bermimpi hadir di blog ini untuk memberi semangat pada pemilik blog ini.
aku bermimpi semua blogger kaya raya. halaah...mimpi kali yee....

gitu dong, ada posting baru. jadi bisa komeng nih.

2/02/2009  

bermimpilah sebelem bermimpi itu dilarang ato dcap fatwa haram huehehe mimpi kali ye:p

2/02/2009  

sip benar ya...
apa yang bisa kau berikan pada negaramu dan penggusuran-penggusuran yang dilakukan harus dikaji secara lebih mendalam...

semoga saja yang melakukan hal itu juga sudah emngkajinya secara mendalam duluan ya...

top banget, tapi pemerintah saya kira tidak perlu di bela karena sebenarnya kita kan sudah membayarnya..., dan dia sendiri yang nentukan gaji dan sistemnya, kalo negara pastilah ada warga negaranya, prakteknya warga negara malah jadi prioritas yang entahlah... sedih masih ...

2/02/2009  

deta juga mau agar Bangsa ini menjadi lebih baik lagi... dan semua kebiasaan buruk yang sudah mendarah daging di negeri ini bisa dihapuskan....

tp emang harus mulai dari diri sendiri dulu c....

2/02/2009  

indonesia kebanyakan mimpi tidur melulu gak bangun2 makanya gak maju2 terpuruk dlm krisis ekonomi :(

2/02/2009  

kalo cuma mimpi tapi nggak ada action ya sama aja boong doong... yang penting action untuk mencapai mimpinya itu....

nice posting..

2/02/2009  

wah, bener sekali kang :D, impianlah yang membuat kut keyakinan seseorang tapi tentu saja harus dibarengi dengan usaha dan kerja keras, tp klo udah punya impian, 50% cita2 udah terwujud :D

nah indonesia kapan bisa mentas di piala dunia yakkk, PSSI aja amburadul gt...yg nonton malah ikut panas jadinya hehehe

2/02/2009  

xixixiix sy ngga akan golput bang.. mau pilih no 10 di tambah 98 di kurang 6 di bagi 6 di kurang 10 di tambah 1.. :)




btw itu skrng ngga tahu nanti mah..wwkkwkwkkw

2/02/2009  

setuju la.. tp kita ntar kebanyakan mimpi.. kagak sadar-sadar.. (mimpi ntu enak)..
:D

2/02/2009  

mari kita wujudkan mimpi itu..coba kita liat berapa APBN untuk mengentaskan kebodohan(pendidikan)...

2/03/2009  

sori kawan telat, difollow lewat dashboard, kemudian pake widget bloglist tambah url ato blog yang saya ikuti... jadi deh, tinggal pengin pake skrol atau marquee bisa semua, as your wish..
selamat dicoba ya...

2/03/2009  

Karakter dan mental bangsa indonesia harus di benahi agar kita bersama2 bisa menjadi negara yang bermatabat dimata dunia

2/03/2009  

Jayalah Indonesiaku!

2/03/2009  

menurut saya, kita jangan mengharap perubahan tanpa berpartisipasi dlm agenda2 perubahan... hanya berharap ada orang lain yg melakukan perubahan, mau sampai kapan menunggu? ayo kerja

2/03/2009  

aq setuju bangat...
tapi jangan hanya mimpi doang lakukan.......???

2/03/2009  

kalo aku..akan menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya..hiks..
semua harus ikut berpartisipasi...supaya tidak hanya mimpi..

2/03/2009  

Betul, di Indonesia ini memang rada sulit yah untuk mencapai Good Government Governance (GGG) seperti yang kita dambakan, selama tidak ada continous improvement. Karena di Indonesia setiap ganti pemerintahan pasti ganti juga kebijakan, UU, fokus pembangunan dan perbaikannya. Sehingga tidak ada perbaikan dan meneruskan pembangunan dari pemerintahan sebelumnya.

2/04/2009  

SALAM KENAL YA!

2/04/2009  

Semoga mimpi mimpi itu suatu saat menjadi kenyataan.

2/04/2009  

IDEM !!!

hey, awanclick? masi inget saya si pemilik blog nginggris? hayok, SEMANGAT nasionalis tan menjadi sok moralis. hehek...

2/04/2009  

setuju dgn fiksi Captain Tsubasa.

bener bgt bang. Jepang punya semangat yang tinggi serta usaha bwt meraih mimpi2 dgn pasti.
menurutku sih mereka terkesan Talk Less, Do More. Terkadang Indonesia sendiri untuk saat ini malah terkesan No Act, Talk Only. yah, tidak semuanya, tapi ADA yg seperti itu. semoga aja kebiasaan sperti itu sdikit2 berkurang, demi INDONESIA! =D

2/04/2009  

aku bermimpi agar semua mimpiku terkabulkan

2/04/2009  

bagus, semua orang punya kesempatan yang sama. Akan aku liat apakah sang penulis sudi berkunjung ke blogku yang masih newbis
www.egaliter.co.cc

liat aja ah. Saya yakin Silaturahmi lebih penting dari sekedar.........

Mari jalin PEDULI, alangkah indah kita saling mengenal, selanjutnya terserah Anda

www.egaliter.co.cc

2/05/2009  

Yuk kita berikan yg terbaik buat negara ini...

2/05/2009  

gmana mau bermimpi kalau hidup kayak gini....

2/05/2009  

klo indonesia mau bangkit harus dibenerin dulu dunia pendidikannya !

2/05/2009  

Rakyat bangkit, pimpinan bangkit, Indonesia bangkit!

2/06/2009  

Yuups.. sangat menginspirasi

2/06/2009  

kita punya apa ya? kita punya banyak, tapi pada ga tau kita punya apa. kasian banget rakyat Indonesia yang ga tau apa-apa. taunya cuman mimpi dari sang pemimpin, hehe..

2/06/2009  

mimpi adalah kunci untuk kita menaklukan dunia.
mimpi jadi tuan rumah piala dunia bisa bikin indonesia menaklukan dunia gk yaah?

2/07/2009  

Jangan sampai terkena serangan jantung bila mimpi anda jadi kenyataan.

2/07/2009  

lama gak ngomen kamu ya bro,,hehehhe tetep smangat ngeblog key!

2/07/2009  

inikan negara utopia
aku bermimpi pemimpin Indonesia memikirkan penanaman kembali hutan Indonesia, mengurangi emisi karbon, menciptakan lingkungan hidup yang asri

aku bermimpi pemimpin Indonesia yang tidak mempolitisir drama kehidupan, dan tidak mendramitisir politik.

jika tidak ada pemimpin yang seperti itu....
aku tidak akan memilih

sang pemimpi pemimpin ... attayaya

2/08/2009  

mengubah paradigma memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, harus dengan pergantian pelan-pelan atau revolusi sosial yang juga riskan sekali...

sudah aneh saja ketika pemerintah pernah melepaskan kebijakan untuk UMP buruh yang diserahkan kepada penguhaha dan buruh tanpa campur tangan pemerintah, otak bodoh seperti ini memang harus segera dibasmi, mentang-mentang berkuasa dan tidak mau berkuasa, inginnya menang sendiri dan cuci tangan saja... ya ampun...

dan sekarang di yk kalo mau masuk igd harus siap jreng 9 jeti, ai modar aku... kata bang iwan

2/09/2009  

kadang impian juga banyak menyesatkan umat manusia.. ngga selamanya impian tuh berbuah kesuksesan... banyak kok yang terjerat saking impianx pengen cepat terealisasi, segala cara dihalalkan alias Halal Haram Hantam

2/09/2009  

Mimpi adalah kunci, saya optimis aja...!

2/09/2009  

""Jangan pernah bertanya apa yang pernah negara berikan padamu akan tetapi tanyalah pada dirimu sendiri apa yang sudah kau berikan pada bangsa ini"...

mantaps banget nh pesan nya... i like it...

salam persahantan

2/10/2009  

Mimpi adalah kunci...sesuai lagu nidji...hohoho...

2/10/2009  

Mimpi awalnya, action lakukan, dan ... maujud, Insya Allah

2/10/2009  

@attien...,setuju. era soekarno hatta memang bisa dijadikan rujukan bagaimana bangsa kita merintis kata demokratisasi, hanya saja, lagi2 politik memang seperti itu. sulit diduga.
@MU Fans,dari pada sobat mlih yg asal saja, mending gak usah sekalian... nanti seandainya yg kepilih itu yg diluar rel Impian bangsa kita gimana?paham komunis misalnya. bisa tambah khan..
@_rabindra,mimpi sedahsyat apapun kalau ditak diikuti dg action...ya tinggal mimpi saja. harus diparalelkan denga ikhtiar kita. Impian hanya jadi awal dlm perencanaan kita kedepannya...bukan begitu?...bukan !..heee
@FATAMORGANA,hahaii.aku gk seproduktif kamu kaka....yg punya ribuan ide dikepala itu.
@namaku wendy,hiks...kena virus fatwaholic nih kayanya...hee..(istilah saya aja itumah)...
@suryaden,tidak bermaksud berpihak pada sisi manapun, hanya meluruskan kita jg sampai suudzon pada kebijakan yg diatas, kalau prosedurnya sesuai hukum dan norma....rakyat tinggal mengikuti arahannya saja bukan.
@BlaGaBloGer,betul.. semua berawal dari MIMPI .... maka wujudkan mimpimu itu...
@Lyla,bukan kebanyakan mimpi....mimpi itu jg diartikan dlm artian yg sempit. Mimpi tak harus tertidur terlebih dahulu. Impian itu bisa ajdi awal rencana kita. bayangan akan masa depan...setuju khan !
@tyas,setuju..action !
@bloggeraddicter,kita tunggu saja, apakah PSSI itu tak bermimpi kejauhan.. kita lewati dulu fase asia seharusnya bukan. tak mungkin anak diajarkan aritmatika bila tak tau aljabar. semua ada prosesnya..soal hasil itu lain hal..

Yup !

2/12/2009  

semoga bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih maju

Salam

2/13/2009  

selama negara ini secara resmi tidak mengakui kesalahan-kesalahannya baik saat ini maupun di masa lalu, masih terlalu banyak luka dan dendam yang bagaikan api dalam sekam, dan siap membakar kapan saja...., halah malah ngeri sendiri :D

2/13/2009  

gak jauh2 memandang indonesia, sekarang jatim pun harus berani bermimpi dengan gubernur baru!

2/13/2009  

mas mas mas
bangun bangun bangun
jangan bermimpi terus

2/14/2009  

@Aa'JALOE,mau pilih no 10 di tambah 98 di kurang 6 di bagi 6 di kurang 10 di tambah 1.. :) kyaaa.pakar telematika baru nih..apa ponakan om roy...hehe
@renspandy,Tentunya Impian dalam artian luas, bermimpi itu tak mesti tertidur dlu bukan. Planning, fren !
@mamaty-localheroes,ya semoga bisa lebih 23%,jangan berhnti diangka itu ya...klo bisa 50 an...
@suryaden,kyaa..aku lom coba tuh...maklum amatiran tau sendiri kan..:D
@Kampanye Damai 2009,waw.bener bermartabat...peace...mari kita sukseskan kampanye damai.
@Indra Bekti,jangan kemana2..tetap di ceriwis..hehe...setuju !
@errick,waw..jiwa leader bgt nih...-salam persaHabatan patriot !
@www.katobengke.com,mari kita sama-sama lakukan perubahan itu kawan
@Atca,ya....kita semua memang saling mengisi dlm hal ini
@e-je ,wah..jd inget dosen statistik pedidkan dikampus nih..hee..mantap dah..
matur nuhun..Yup !

2/15/2009  

@Blog Cantik,salam persaHabatan juga,
@Erik,jika kita disiplin dan konsisten bukan tidak mungkin, bisa terwujud semua mimpi apapun itu
@duniaputri,iya...masa lupa sama calon sendiri..hehe
@~Alviss~,ya memang harus dibiasakan ya bang
@coffeeSeed,double action !
@Namaweb.blogspot.com,aku sudah datang bukan !. tp gk bawa apa2, malu aku..:D/
@Antoni,yuuuk !
@www.katobengke.com,jg pesimistis kawan, dunia itu penuh pilihan terbaik bukan !
@Ahmed Ridho,setuju...SDM nya !
@Shanty Mahanani,amri kita sama2 BANGKIT.

Yup !

2/15/2009  

@nugraha adi putra , semoga menambah makna ya !
@budiernanto, itu yg belum kita gali, kita kaya akan ide namun minim action ! bukan begitu?.....
@Haviz ituu.., bukan sesuatu yg mustahil, kita harus optimis, dg ikhtiar dan doa semua bisa terwujud. tinggal kembali berkaca apa yg bisa kita lakukan untuk mewujudkannya
@hotelpuriayu, hehe..ya.gk kepikiran itu mah
@rezKY p-RA-tama, yoooo
@attayaya, aku bermimpi pemimpin Indonesia yang tidak mempolitisir drama kehidupan, dan tidak mendramitisir politik.kereeen..ada guru kata2 baru nih aQ.:D
@suryaden, semua memang memprihatinkan, tp jika kita melihat lagi kedepan, rintangan itu bisa lebih besar jika kita menyingkapinya dg sikap pesimistis..ayo kita bangkit lagi...perjuangkan !
@IFOEL,itu sih sudah melenceng, Impian itu kahn tolak ukur seseorang dlm menatap masa depan, kalau iman sudah menerangi hati, dan Ilmu sudah menerangi pekerti..kita bergerak ke arah taqwa...kita harus seimbang !
@Shanty Mahanani,seharusnya indonesia seerti itu.:D
@bloggembel,Yoo
@masakan kita,mana masakannya ya...hee-salam persaHabatan juga-

Yup !

2/15/2009  

@Ersis Warmansyah Abbas,ya Insya Allah, kita harus meyakininya..
@mova nugraha,iya semoga sekali, AMIN
@Om suryaden lagih..:D,yooo
@bagus al haqq,ya..transparasi mungkin dibutuhkan politisi dlm penyelenggaraan kebutuhan rakyat, JATIM BISA JADI PERCONTOHAN provinsi lain untuk maju..semoga
@attayaya lagi,sekarang dah bangun ko fren...makasih ya kita selalu jalin silaturahim ini
Yup !

2/15/2009  

Bener tuh maru berubah tuk kehidupan yang lebih baek lagi :D

2/25/2009  

Mari berubah tuk kehidupan yang lebih baek lagi :D

2/25/2009  

Opininya hebat euy...
:)
sip dah....
Smangatlah Indonesiaku
Rubahlah Mimpi yang Indah jadi kenyataan.

2/28/2009  

@Game_Lover,setuju !
@andy,Yooo kawan !
@HumorBendol,Ya, merubah mimpi jadi kenyataan....

Yup !

3/02/2009  

wah.. aku jadi udah keenakan mimpi nih.. malah nggak bangun2...

3/02/2009  

terkadang, yang membuat indonesia terus bermimpi adalah individunya. jadi untuk membuat indonesia menjadi lebih baik, dimulai dari individunya dulu

3/13/2009  

hehe..mimpi tak mesti tidur dulu.
iya, seperti penuturan Aa' Gym. 3m


Yup !

3/15/2009  

Semua memang diawali dengan mimpi dan dilanjutkan dengan upaya....
Jadi Indonesia memang harus punya mimpi dan berupaya mewujudkannya....

3/17/2009  

Terimakasih sharingnya semoga bermanfaat bagi semua pembaca.

12/11/2009  

berawal dari mimpi dan dengan great action insya Allah semua bisa . salam kenal mas

4/22/2010  

mantabs, nice sharing sob.

6/27/2010  

Sangat menggugah semangat mas,... saya sepakat, generasi muda kita harus tetap berani bersikap. dan semua itu berawal dari mimpi.

8/11/2010  

kita memang harus selalu bermimipi Mas, seperti slogannya Honda, The Power Of Dreams

8/15/2010  

Betul kang kita harus putuskan mimpi indonesia saat ini.Terima kasih sudah berbagi informasi dan referensi yang hebat.

9/11/2010  

jangan takut untuk bermimpi..karena mimpi bisa jadi kenyataan..dan sering terjadi..

9/25/2010  

mari sebagai rakyat yang baik kita turut berperan dalam memajukan indonesia, setidaknya kalo kita masing2 berfikir maju maka dengan sendirinya negara akan maju, jangan menunggu orang lain .. semangat... semangat ...

9/25/2010  

salam kenal

10/21/2010  

jangan hanya bermimpi... kita juga harus menggapai mmpi itu...
sukses slalu indonesia q...

8/13/2011  

kita jangan hanya bisa bermimpi,, kita juga haru mewujudkan mimpi tersebut....
salam kenal y

8/19/2011  

Sangat inspiratif artikelnya.. ditunggu update-annya lagi..

12/19/2011  

salam kenal mas, smoga mimpi-mimpinya terwujud

1/16/2012  

hati ku berkata dalam blog anda dan aku berkomentar dengan penuh perasan di blog anda karena kami ingin kita silaturahmi dan saling sapa menyapa ,aku berkata salam kenal aja gan dan makasih atas semua info nya dan semogga banyak manfaat nya buat saya ,,,,

6/27/2012  

banyak yang kita petik dari mimpi...mudah2n mimpi apa yang kita harapkan,semua bisa jadi kenyataan..biar bisa memimpin indonesia

7/24/2012  

jalur boleh beda tapi arah tetap sama

1/14/2013  

Post a Comment

- thank you for comment -

leading enclosure awan2 yg lain Pintu PersaHabatan

Inspiration by My Mom bEloveD !